Home » » Cara Membuat Bootable Flashdisk Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Tanpa Software

Saya mau ngasih tau cara membuat bootable flashdisk tanpa software. Kita gak perlu menggunakan software, tapi kalau ada yang mau menggunakan software silahkan saja. Tapi di postingan ini Saya Cuma mau ngasih tau Cara Membuat Bootable Flashdisk Tanpa Software . Hanya menggunakan commend prompt yang udah disediakan oleh windows. Dan disini Saya mau membuat bootable windows 7 ultimate



Yang disediakan jika kita ingin membuat bootable windows di flashdisk?
1.      Installer Windows. Seterah Anda mau windows apa. Mau windows 7, windows  8, atau windows xp atau yang lainnya.  Yang penting Anda sudah punya installer windowsnya.
2.      Flashdisk yang kapasitasnya dapat menyimpan semua komponen installer windows. Dan kinerjanya masih Normal dan masih baik.

Langkah-langkah membuat bootable windows tanpa software
1.  Colokan Flashdisk yang akan dijadikan bootable windows. Lebih baik flashdisknya Anda kosongkan dulu.

2.    Kemudian buka CMD ( Commend Prompt ). Bisa dengan cara CTRL+R dan ketikan cmd lalu tekan Enter.


3.  Setelah Anda buka CMD, ketikan DISKPART Lalu tekan enter. Nanti bakalan keluar lagi tampilan kotak dialog DISKPART.


4.      Selanjutnya Anda ketik LIST DISK lalu enter


Anda bisa lihat tampilan list disk nya. List disk ini menentukan harddisk dan media yang akan digunakan seperti flashdisk. Nah kalau flashdisk Saya itu di tunjukan di disk 1. kalau Anda udah tau letak flashdisk Anda di disk berapa, kita bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

5.    Karena flashdisk Saya ada di disk 1. Jadi langkah selanjutnya Saya ketik SELECT DISK 1. Kalau letak flashdisk Anda ada di disk 2, Anda ketik SELECT DISK 2.


6.      Langkah selanjutnya ketik CLEAN lalu enter


7.      CREATE PARTITION PRIMARY lalu enter


8.      Kemudian ketik SELECT PARTITION 1 lalu enter


9.      Lalu ketikan ACTIVE trus enter


10.      Kemudian ketik FORMAT FS=NTFS lalu enter


Tunggu sampai proses format selesai 100%

11.    Langkah yang selanjutnya ketik ASSIGN lalu enter.
12.   Dan terakhir ketik EXIT untuk keluar dari disk part
13.  Siapkan lah Installer Windows yang mau Anda buat bootable nya. Anda bisa burning installer berformat ISO yang Anda punya menggunakan software power ISO, Daemon, dan sebagainya atau Anda bisa copy dari DVD installer yang udah Anda siapkan. Anda copy semua file dan folder yang terdapat pada DVD Installer tersebut  Jangan sampai ada yang gak dicopy.
14.  Setelah semuanya selesai. Anda bisa eject flashdisk Anda. Dan insya allah flashdisk Anda udah bisa buat install ulang. Jangan lupa kalau Anda mau nginstall ulang via flashdisk Anda harus ngubah primary boot device yang ada di bios.

Oke selesai untuk tutorial kali ini yang membahas tentang Cara Membuat Bootable Flashdisk Tanpa Software. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda yang ingin menginstall ulang PC dengan menggunakan Flashdisk.

0 comments: